1 kg Uranium = 1000 Ton Batubara

28 01 2007

Semalam aku bertanya sama petugas dari BATAN (Badan Tenaga Atom Nasional) yang kebetulan 1 stand bareng aku, aku bertanya banyak sama dia, dan dia pun dengan semangat menjawab pertanyaan-pertanyaanku.

Aku tanya, pak energi perbandingan energi antara Uranium dan Batubara gimana ya pak ? dan dia menjawab, bahwa energi 1 kg Uranium adalah setara dengan 1000 Ton Batubara. Wow, besar sekali energinya pikirku, gila, 1000 ton batubara cukup diganti dengan 1 kg Uranium, luar biasa.

Terus aku bertanya tentang Safetynya, dan dia menjawab sangat safety / aman, aku berpikir andai di daerahku dibangun PLTN (Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir) pasti gak bakal mati lampu lagi, dan aku gak kuatir dengan teknologi ini, karena negara lain pun telah banyak membangun banyak sekali PLTN, contoh Jepang, Korea, Argentina, Rusia, Amerika, dll bahkan di Jepang, PLTN di bangun di pinggir pantai lokasi pariwisata, dan gak ada masalah tuh, orang tetap bisa wisata di pinggir pantai, Kapal Induk Amerika pun pakai Nuklir sebagai bahan bakarnya, makanya bisa betah jalan2 keliling dunia tanpa ngisi bahan bakar selama bertahun-tahun.

Jadi kapan ya Nuklir bisa di manfaatkan di daerahku, karena daerahku juga punya potensi Uranium yang sangat besar yang belum dimanfaatkan semaksimal mungkin…


Aksi

Information

28 responses

28 01 2007
klikharry

nuklir… yah, seperti buah simalakama tampaknya…
satu sisi sangat membantu tetapi di sisi lain sangat berbahaya bagi umat manusia
tapi pada akhirnya mungkin ini adalah salah satu cara untuk memecahkan masalah energi di dunia ini, tul gak?
tapi, ngomong-ngomong memang bener, kapal induk amerika yang bisa membawa hampir seratus pesawat tempur itu memang berbahan bakar nuklir…
jadi, siapa bilang amerika tidak memanfaatkan nuklir untuk bidang militer,
tapi kok aneh ya, jenggotnya paman sam kebakaran saat tau iran juga memproduksi uranium…
mungkin paman sam takut uraniumnya iran dipake buat perang..
nitip pesan nih buat iran, “hati-hati dengan limbah nuklirnya.. tapi kalo mau di buang… buang aja ke laut indonesia,, ntar nego, pokoknya cincailah.. gak susah persyaratannya, singapura aja pernah ekspor lumpur ke sini”

12 04 2007
InfoEnergi

Bagi sebagian negara berkembang, teknologi nuklir seolah menjadi hal yang menjanjikan, baik sebagai solusi pemenuhan kebutuhan energi maupun sebagai simbol penguasaan teknologi. Sayangnya, anggapan ini tidak selalu benar. Cerita pengalaman kelam beberapa negara berkembang dalam membangun PLTN dapat dibaca di infoenergi.wordpress.com.

29 08 2007
metnet

Sayi pikir nuklir adl opsi yg terbaik untuk diversifikasi energi. Apalagi 2012 akan dimulai carbon trading. News terbaru, German menyumbang Dephan sekian juta dollar untuk konservasi hutan. Kaca mata saya, German berusaha memberi uang muka untuk membeli carbon dari beberapa area hutan. Lumayan, 1 ton Carbon mencapai 40 Dollar USA, dan lima tahun lagi bisa mencapai 120 Dollar USA. Usaha mengganti PLTU batubara yg dayanya sangat besar mrpk pekerjaan sulit mengingat opsi selain nuklir memiliki kapasitas daya yg kecil.

9 01 2008
hielmy

betul, sebenarnya memang indonesia sudah memiliki PLTN, mengingat kebutuhan energi yang sangat tinggi, sedangkan pembangkit yang kita miliki mempunyai biaya operasional sangat mahal, sedangkan kalau pake PLTN (katanya) akan jauh lebih murah per KWh-nya. oh iya mengenai nuklir di militer amerika, memang benar mereka memiliki kapal induk yang berbahan bakar nuklir tepatnya ada 11 buah kapal, satu USS enterprise yang menggunakan sebuah reaktor dan 10 lagi dari kelas nimitz yang lebih besar dengan dua buah reaktor didalamnya. ia bisa digunakan untuk propulsi penggerak kapal seberat 90.000 ton lebih, dan luar biasanya mereka hanya di isi ulang setiap 20 tahun! selain di kapal induk, beberapa kapal selam pun menggunakan propulsi nuklir. selain itu amerika juga mempunyai ratusan misil/rudal berhulu ledak nuklir yang jelas2 bisa digunakan untuk menyerang bangsa lain, yah biasa lah mereka mah bangsa yang munafik! iri sama kemajuan orang lain. tapi memang sih sampai sekarang bom2 nuklir itu belum pernah digunakan, karena amerika (ataupun russia dan negara2 pemilik arsenal nuklir lainnya) hanya menggunakan senjata nuklir sebagai unsur deterance (penggetar) saja, (katanya) untuk menjaga stabilitas keamanan global. wallahu alam sih.

24 10 2011
prawira

nuklir ya…….

9 01 2008
hielmy

koreksi untuk diatas:
betul, sebenarnya memang indonesia HARUSNYA sudah memiliki PLTN….

25 03 2008
toms

Betul sekali perbandingan bahwa 1kg uranium setara dengan 1000 ton batubara, dalam arti energi yang dihasilkan dari proses tersebut. Selain itu panas yang dilepaskan oleh PLTN sangat bersih dan tidak membawa unsur2 yang bersifat radioaktif. Berbeda dengan PLT non nuklir seperti batubara yang akan membawa unsur2 khas hasil pembakaran bahan bakar karbon, seperti NOx, SOx pada saat melepaskan panas ke udara, jelas akan menambah polusi dong..Kualitas batubara juga sangat berpengaruh, batubara dengan kandungan abu yang tinggi jelas akan lebih polutif, sedangkan unsur sulfur pada batubara jelas akan membuat turbin lebih cepat korosi.
Untuk faktor keselamatan PLTN juga sangat ketat, mulai dari survey penentuan lokasi sampai pembangunan PLTN semuanya diawasi secara ketat oleh IAEA (International Atomic Energy Agency). Buktinya, di Indonesia kita punya 3 reaktor penelitian dan semuanya tidak bermasalah. Penggunaan nuklir di rumah2 sakitpun tidak bermasalah sampai saat ini.
Contoh lain PLTN di Three Mile Island (USA) pernah mengalami kecelakaan dan secara otomatis semua kegiatan berhenti (otomatic shut down) dan kebocoran reaktor hanya terjadi dan terkungkung di dalam selubung reaktor dan tidak sampai lepas ke lingkungan. Jangan hanya melihat kecelakaan di chernobyl terus, model reaktor itu kan memang cacat dan model yg begituan mah udah gak kepake….
Andaikan PLTN jadi dibuat di Indonesia pasti kita gak perlu berpusing menghemat listrik dengan alasan akan kena “denda” dari PLN apabila pemakaian berlebih (alasan aneh yg dibuat2 PLN untuk menaikkan TDL…brengsek!!!).
Jadi…Ayo kita dukung pembangunan PLTN…masak udah moderen gini mo masuk ke ‘JAMAN KEGELAPAN” lagi hihihi…
pisss (^_^)

15 05 2008
Iwud

Setuju banget boss,. kapasitas energy uranium emang besar & dahsyat banget, tinggal bagaimana kita memanfaatkan besaran energy tersebut, mustinya kita sebagai bangsa yang besar musti kudu punya PLTN, kecuali kalo kita mau mundur terus.. ampe bantet tuh pertumbuhan ekonomi bangsa, coba bayangin kalo 5 pulau besar kita masing2 berdiri 1 PLTN, wah begitu terangnya Indonesia
dan pasti lebih ekonomis, karena kita punya kok sumber uranium,.. ga usah beli mahal2, silakan dipikir.. PLTN untuk kemanusiaan dan Indonesia yang lebih baik
Piss juga..

27 11 2008
Sincan

Lagi 2x pembodohan yang di gong kan oleh manusia2x dari paman sam, mereka bilang uranium berbahaya, (jelas berbahaya kalo di jadikan bahan peledak) sperti juga bensin ataupun minyak tanah (bisa membakar dan merusak)

Banyak sekali propaganda mereka yang sangat tamak dengan kapital dan ingin menguasai seluruh segi kehidupan dunia….

semua yang berlawanan arah dilibas………

awalnya mereka mendoktrin komunis berbahaya, karena saat itu komunis adalah paham perekonomian yang paling berbahaya untuk Kapitalis, bukan soal bunuh-bunuhan seperti di Indonesia komunis seolah berwajahkan sayatan silet, guratan palu arit atau bacokan golok. padahal notabene setelah dipelajari tanpa membawa2x sikap apriori, jelas komunis hampir mirip dengan koperasi (bawaannya Bung Hata)

soal komunis dan soviet, doktrinasi amerika sangat kenceng mulai dari film mat gayver, knight rider sampe game anak2x semua dibuat dengan kondisi bahwa rusia atau soviet sebagai gudang mafia, penjahat kelas kakap atau manusia berengsek gak ketulungan…
al hasil runtuhlah Uni Soviet dan terpecah….

Juga musuh dari para pemikir belakang layar amerika alias pemikir yahoo di, mereka sangat tidak senang dengan Nazi, maka doktrinasi dari game anak2x sampai film holiwood murahan pun seolah memusuhi Nazi…

Lagi tentang perang Vietnam, kejahatan mereka ditutupi oleh film 2x seperti tour of duty, Rambo dll, yang lagi2x mereka keluar menjadi hero….

Soal sumber daya, yaitulah soal uranium yang sekonyong2x mau dia yang pegang teknologinya sendiri, para pejabat dan pemegang kekuasaan terdahulu di bodohi bahwa Tambang di Irian adalah semata hanya tambang emas, padahal konon lebih banyak uranium terkandung disana dari pada emas…. dan saat inilah masyarakat amerika bisa lebih sejahtera lantaran sumber daya kita.

Konon keluarga penguasa saat terjadi perjanjian jangka panjang pengelolaan tambang di Irian alias freeport, mereka mengantongi 27% profit dari hasil tambang tersebut , al hasil saat ini yang sangat teramat kaya yaitu AMERIKA dan keluarga ex penguasa RI…

Sedih emang menjadi penanggung dari kebodohan dan ketamakan, namun tetap semangat, besok jangan pilih partai yang orangnya masih yang kemaren :
– yang kemaren bermasalah sekarang jadi sedikit kelihatan lebih suci
– yang kemaren sibuk jual-jual aset dan tukang ngambek sekarang ngotot ikutan capress
– yang kemaren nembakin mahasiswa sekarang bilang mau bangkitin negara
– yang kemaren ketahuan gak pernah sekolah tiba2x mau ikutan jadi Caleg
– yang kemaren mafia sekarang jadi panitia
– eh ada juga yang 10 tahun lalu teriak2x reformasi, sekarang menjadi pendekar berwatak jahat

maka mereka menyebut “Aku bersaksi tiada tuhan selain uang, dan aku bersaksi akulah utusan masyarakat yang paling pantas dan sebenar-benarnya utusan”

pola pikir acak2x an di sini, jadi wajar kalo sini juga acak2xan, karena ini bangsa sangat kronis,
tak kelihat 10 atau 20 tahun kedepan apakah ada perubahan, atau 10 atau 20 tahun kedepan bangsa
ini akan gulung tikar, karena harus membayar mahal untuk tempat tinggalnya sendiri………….

Astaghfirullah !!

24 03 2009
I Putu Astawa

sebenarnya kalau indonesia mau menerapkan teknologi nuklir untuk kesejateraan umat manusia bisa kok,bayangkan aza negara kita cadangan uranium pun cukup untuk itu, sekarang masalahnya indonesia siap nga dengan sumber daya manusianya karena teknologi nuklir membutuhkan orang2 yang handal dan berdisiplin tinggi. alangkah bodohnya kita sebagai bangsa hanya bisa didekte oleh kekuatan amerika yang mengatakan bahwa nuklir itu sangat bahaya dengan segala resikonya padahal kalau dikelola secara bertanggung jawab uranium bisa dipakai untuk memenuhi kebutuhan listrik untuk orng banyak dan yang jelas epesien walaupun teknologi untuk mengelola tsb mahal.

6 04 2009
Jambrong

Klo neg2 barat pd sirik, iri n gk mo dajk sharig teknolgi tntag uranium. Mendgn kt cb kontak korea utara aj. Kt ajk krjsama bilateral (tu klo SBY brni). Dgr2 teknolgi mrka ttg uranium gk klh hebat ma neg2 barat. AS, jepg,korsel aj smp ketir2. So..kt bs win-win. Kt dksih ilmuy, n mrka kt bagi SDAy.yg ptg bs sm2 untg 50-50 dmi kmjuan bsma. Gw jamin..korut gk bkaln nolak klo dh omgn ttg uranium. Trsrh mrka mo pke dmai or pa. Klo mo dpke bt nakut2i AS jg bgs. Yg ptg kt dpt ilmuy. Trs kt kembangn ilmuy dmi kmjuan bgsa yg lbh baek. Sebel nch..tp hri pst da aj lstrk mati.

1 06 2009
arifin

bukanya 1 gr uranium = 100 ton batubara..?

6 08 2009
sella

uranium wow keren banget tapi?

3 09 2009
masspri

Jika sudah mendesak mungkin bisa dibangun di pulau teluar wilayah NKRI.
sekalian untuk meningkatkan ronda keamanan NKRI yang selama ini selalu di incar oleh bangsa yang rakus malaisia.

Indonesia kaya pulau tapi miskin untuk merawatnya dan pengawasan. Bagai mangga berbuah di tepi jalan siapa yang lewat jadi berminat. Yah bagaimana yang jadi pejabat?

20 10 2009
dedep

wah wah aku telat nih…….ada yg marahin PLN…nyaci paman Sam…istighfar……jadi bingung nih !!! uranium untuk kemanusiaan ??? OK juga kayaknya…yang penting sih piss biar dibodohin sama paman Sam

11 12 2009
fat2ah

iy lah
tp urnium jg jgn d slah gunakn, bsa2 jd prang nnti ny………….

21 01 2010
yulius h.w

meningan amerik yg kuasai nuklir dari pada komunis n teroris…bisa-bisa dunia kiamat sebelum waktunnya…he..he..

29 01 2010
billy adrian gani

Energi nuklir adalah lambang kebangkitan sebuah negeri. Itu sudah tidak bisa di pungkiri lagi. Tidak hanya sebagai pembangkit listrik, tetapi juga di bidang pertanian dan kesehatan juga peran nuklir sudah sangat kelihatan perannya. Tinggal sdm kita harus benar-benar handal. Kalau kita ngurus kakus aja gak becus, sangat terlalu memaksakan kalau kita mau mengurusi nuklir. Karena dibutuhkan ekstra pengawasan dan ilmuwan-ilmuwan yang bertanggung jawab.

Tetapi kedepannya, bisa tidak bisa, kalau Indonesia mau dikatakan negeri beradab dan layak untuk di sebut negara terhormat, penguasaan Nuklir adalah hal mutlak yang harus dikuasai. Iran sendiri adalah dulunya bekerjasama dengan USA dalam hal pembangkit reaktor nuklirnya, tetapi sejak Syah Iran yang Korup tumbang entah kenapa itu Paman SAM jadi geram dan paling menentang program Nuklirnya. Kelihatanya dia parno, dengan kebangkitan Syiah disana, yang notabene selalu berjuang membela penindasan.

Semoga Indonesia bisa juga menguasai teknologi satu ini. Yang pertama tentu yang harus dibenahi adalah sektor pendidikan dan pengembangan SDMnya. Sudah bukan rahasia umum lagi di Negeri ini, orang-orang pintarnya selalu dinomor duakan oleh Pemerintahnya sendiri. Sehingga banyak dari mereka yang lari keluar karena memang Pejabat kita paling takut sama orang pintar, karena takut segala korupsinya yang kecil-kecilan mpe besar-besarannya terkuak.

Ya, semoga cepet eling lah, Negeriku.
SALAM.

20 01 2011
Fany

waaah… kalo berbicara masalah nuklir memang suka teringat dengan saudaraku di belahan bumi sana yg diserang oleh sang kapitalis amrik karena alsan nuklir.pas baca komen2 di atas ternyata si amrik juga punya. astagfirullaah.. bner2 sang kapitalis bkin enek! tapi masalahnya, skr negeri ini pun berada di bawah ketiak’y si amrik. coba aja kita liat tuh freeport.. eh, kontraknya malah diperpanjang lagi. udah jelas2 banget2 merugikan… masa kita yang punya, kita yang cuma kebagian 1% plus limbahnya. dan yg 1% itupun ga pernah drasain ma rakyat. yang nikmatin cm org2 yg di atas yg dianggap tlah berjasa bagi amrik… saya rasa, jika negeri ini trus di bwah amrik dan trus2an nerapin sistem kapitalis, ttep aja kita bkalan slalu d bwah ktiak amrik.huuuh

20 07 2011
aan

kakekku bilang, uranium sebesar kotak korek api dapat dipake buat nyalain lampu sekota new york sehari semalam.

pengen banget buka tambang uranium, tp berapa modalnya yah, gimana cara misahinnya aj ga tau :p

30 09 2011
anang fathoni

energi yang sesungguh nya adalah yang di sediakan alam dan menguntung kan alam juga.di dapat dari alam dan tidak merusak alam…kesinambungan inilah yang layak kita kaji ulang mengapa kita mengeplorasi alam untuk kepentingan kita ,tapi tanpa pertimbangan akan apa yang terjadi pada alam itu sendiri.
uranium bisa jadi alternatif bahan bakar tapi perlu juga kita ingat di buang lemana limbahnya ….alam juga kan …siapa yang di rugikan alam juga kan

30 11 2011
Pram Rama

PLTN siapa takut,no problem kita dah siap kok Indonesia gitu lho. Apalagi sekarang banyak ahli2 kita yg semakin kampiun dibidang noclear n kita dah merasakan manfaatnya hampir tiap hari.tp kita banyak yg blm tau makanya pada takut broo. PLTN yesss

18 12 2011
Ari Setyowibowo

1 tonne of nuclear = 120.000 tonnes of coal, jadi 1 kg uranium = 120.000 kg batubara

15 01 2012
angga

hanya orang yg tidak tahu yang takut adanya nuklir di indonesia. dan hanya orang orang yang tidak cinta tanah air yang melarang pendirian PLTN dan terus menggunakan batubara yang jelas jelas lebih boros dan beresiko global warming

11 04 2012
prasojomachdy

ye goblok, Amerika ga manfaatin nuklir bwat militer? lha itu bom atom apaan, dodol….

28 08 2012
semar mesem

lu yang goblok nyet..

3 07 2013
Syiranggra

Setuju sama Toms..
Mw nambahin aja klo pembangkit menggunakan bahan bakar minyak udah keliatan boros dan g ada masa depannya (pasti akan habis). batu bara pasti jg akan habis dan polusinya yang sangat parah.
bagaimana dengan bahan bakar uranium (PLTN), its so “green” and very eficient. Efisiensinya terlihat dari perbandingan dengan batu bara tadi. Dan PLTN sangat ramah lingkungan, kenapa? karena limbahnya hanya berupa part dr reakor yang sudah harus diganti dan yang terkontaminasi dengan uranium. dan penggantian part ini pun puluhan tahun. part yang sudah diganti tadi kemudian diisolasi disuatu tempat sampai kontaminan di part tadi meluruh, bila sudah part tadi dapat didaur ulang.

Akhir kata GO PLTN Indonesia ..!!
“Negara yang ingin maju adalah negara yang mengembangkan teknologi Nuklirnya.”

3 08 2013
million dollar pips review

Thanks for sharing such a good idea, post is good, thats why i have read it completely

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: