Makam Juang Mandor

29 06 2007

Kemarin bersama rekan-rekan yang berjumlah sekitar 17 orang melakukan ziarah ke “Makam Juang Mandor” yang merupakan makam korban pembunuhan sadis yang dilakukan oleh Bangsa Jepang pada tahun 1942 – 1945 kalo gak salah. Sekitar 21.000 orang menjadi korban pembantaian sadis Bangsa Jepang.

Sedih juga kalo diinget2 kekejaman yang dilakukan Bangsa Jepang tersebut, apalagi salah satu bagian dari keluarga tercinta juga turut jadi korban. Kakekku dari pihak Ayah alias Bapaknya Ayahku juga ikut diculik oleh tentara Jepang alias di jemput langsung ke rumah oleh tentara Jepang dan tak pernah kembali.

Aku masih inget cerita ayahku, bahwa kakekku dibawa sesaat setelah pulang dari pasar dan membawa belanjaan untuk istri dan anak tercinta. Masih teringat dalam benak ayahku yang didengarnya langsung dari nenekku, bahwa kakek sempat berpesan untuk masak yang enak untuk ayahku dan kemudian dia dibawa oleh Tentara Jepang entah kemana menggunakan Truk Bertangkup yang sudah berisi banyak orang Indonesia yang juga diculik.

Tapi kenapa aku sekarang belajar Bahasa Jepang ya ?

Itukan sejarah, dan aku gak dendam dengan yang mereka lakukan pada saat itu, dunia ini terus berputar, dan aku gak mau terus diliputi perasaan dendam, hal itu sebagai bukti sejarah yang gak boleh terulang…


Aksi

Information

3 responses

30 06 2007
Iko

AKu turunan Jepang lho, hehehe.

Makasih kalo tidak dendam….

11 05 2009
rudiman

ya

29 01 2010
ella

ak juga mw komentar ya, kebetulan ayah dr almh ibunda ku jg dibunuh secara sadis oleh Jepang. Tengah malam di jemput oleh tentara Jepang kemudian di lempar ke truk yang sudah berisi jenazah org indonesia lainnya.
Alm mbah kakungku bernama Saliman Sastrolukito, beliau sastrawan & guru dijamannya…isterinya Ny. Salmah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: